Pengertian Fisika dan Manfaat Ilmu Fisika

Admin 23 April 2020

Setiap dari kita tentu tidak merasa asing lagi dengan yang namanya fisika. Bahkan, sewaktu masih di bangku sekolah, fisika termasuk salah satu ilmu pengetahuan dasar yang wajib dipelajari.  Tapi apakah sebenarnya yang dimaksud dengan fisika? Apa manfaat mempelajarinya? Simak ulasan lebih lanjut di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Penjelasan Singkat Tentang Fisika dan Manfaat Mempelajarinya

A.Pengertian Fisika

Asal kata fisika dari bahasa Yunani yang berarti ‘ALAM’. Dari asal kata tersebut, bisa diketahui kalau fisika merupakan ilmu pengetahuan yang secara khusus mempelajari sifat dan gejala benda-benda yang ada di alam semesta, di mana gejala awalnya dirasakan oleh panca indra kita. Misalnya, penglihatan yang terkait dengan optika (cahaya), pendengaran yang terkait dengan bunyi, dan lain sebagainya. 

Gerthsen (1894-1956) yang merupakan seorang ahli fisika mendefinisikan fisika sebagai sebuah teori yang menerangkan berbagai gejala alam sesederhana mungkin dan berusaha menemukan hubungannya dengan kenyataan. Adapun dasar untuk memecahkan persoalannya dilakukan dengan cara mengamati gejala-gejala yang ada.

Fisika termasuk salah satu pondasi dasar ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan alam dan menjadi dasar bagi ilmu-ilmu lain. Sebab, setiap dari jenis ilmu pengetahuan pasti terkait dengan obyek tertentu, di mana obyek tersebut pasti memiliki massa atau atom. Nah, yang mempelajari sifat dan watak dari massa atau atom tersebut adalah ilmu fisika.

Sebagai contoh adalah ilmu biologi, di mana pondasi ilmu ini tidak lepas dari ilmu fisika. Sebab, ilmu biologi mencakup penelitian tentang material carbon, sedangkan carbon sendiri memiliki massa atau atom yang merupakan cakupan ilmu fisika. Tapi tentu saja setiap ilmu memiliki spesifikasi dan karakter pembahasan masing-masing. Sebagaimana halnya ilmu biologi, di mana spesifikasi ilmu ini terkait dengan mempelajari kinerja carbon dalam skala makro yang berbentuk otak, paru-paru, jantung, dan liver.

Secara detail, ilmu fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala alam secara keseluruhan, mulai dari materi, energi, serta kejadian alam. Kejadian alam ada yang bersifat makroskopis atau berukuran besar seperti gerak bulan, dan yang bersifat mikroskopis atau berukuran kecil seperti gerak elektron mengelilingi inti.

Ilmu fisika secara umum terbagi dua, yaitu fisika klasik dan fisika modern. Fisika klasik bersumber dari beragam gejala yang berhasil tertangkap oleh indera. Cakupan bidang fisika klasik meliputi mekanika, panas, bunyi, listrik magnet, optika, dan gelombang. Adapun fisika modern, perkembangannya dimulai dari abad ke-20, khususnya sejak penemuan Einstein terkait teori relativitas dan penemuan keluarga Curie terkait radioaktivitas.

B.Manfaat Mempelajari Ilmu Fisika

Banyak manfaat yang bisa didapatkan saat seseorang mempelajari dan mendalami ilmu fisika. Mulai dari fisika dasar sampai yang lebih detail terbukti memberikan manfaat dalam kehidupan kita.  Di bawah ini saya akan sebutkan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mempelajari ilmu fisika, yaitu :  

  • Fisika membantu memecahkan satu per satu fenomena alam semesta yang masih misteri
  • Fisika membantu beragam penemuan di bidang teknologi
  • Fisika membantu berbagai perkembangan di bidang teknologi
  • Fisika merupakan ilmu dasar yang menjadi pondasi ilmu-ilmu lainnya
  • Fisika melatih dan membiasakan orang yang mempelajarinya untuk berfikir logis dan sistematis.

Demikianlah penjelasan singkat tentang ilmu fisika dan manfaat mempelajarinya. Semoga ulasan singkat di atas bisa memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca terkait dengan bidang ini.

Artikel Menarik Lainnya

blog
  • Posted By: Admin
  • 27 Oktober 2020

Rahasia rumus menghitung matematika dengan cepat dan mudah

Selengkapnya

Berikan Komentar